Selasa, 11 Desember 2012

PENGANTAR RELIABILITAS BUTIR SOAL


Reliabilitas biasa juga disebut keterandalan atau kemantapan suatu instrumen yakni sejauh mana instrumen mampu menghasilkan skor-skor hasil penilaian yang stabil dan konsisten.
Secara umum empat cara yang sering digunakan untuk mengetahui indeks reliabilitas instrumen:
  1. Metode tes ulang (test – retest),
  2. Metode belah dua (split half),
  3. Metode paralel (parallel form), dan
  4. Metode Kuder-Richardson20-21.   
  •   Metode Kuder-Richardson ( KR20-21 )
Penggunaan metode test-retest, split half, atau paralel mempunyai kelemahan yang perlu ditanggulangi. Test-retest bisa menimbulkan bias karena tes yang dilakukan merupakan pengulangan untuk tes yang sama. Split half dan paralel kendalanya adalah sukar menentukan pasangan soal yang sama misalnya pada pembagian antara nomor genap dan ganjil atau pada penyusunan pasangan soal yang seimbang. Untuk mengatasi hal tersebut Kuder-Richardson mengembangkan teknik lain yaitu mengkorelasikan skor-skor setiap butir soal dengan skor total keseluruhan instrumen. Indeks reliabilitasnya termasuk koefisien konsistensi internal.
Untuk mengetahui indeks reliabilitas instrumen, dengan metode tes ulang (test – retest), metode belah dua (split half), dan metode paralel (parallel form), dapat digunakan  teknik Pearson Product Moment Correlation.
Selanjutnya, untuk KR20 atau KR21, skor setiap butir dikorelasikan dengan skor total semua butir soal dalam instrumen. Metode ini digunakan untuk data diskrit . Data diskrit adalah butir soal yang dapat diberi skor 1 untuk jawaban betul dan skor 0 untuk jawaban yang salah.


2 komentar:

  1. kalo score 5 untuk yang benar dan score 0 untuk yg salah,.... gmn????

    BalasHapus
  2. makasih atas komentarnya, jadi perlu diketahui bahwa data diskrit itu banyak digunakan pada pilihan ganda (0 dan 1) artinya apabila jawabnya benar maka di beri skor 1 dan apabila salah maka skor 0. berbeda dengan soal yg berbentuk essay bisa menggunakan rentan 0 sampai 5.

    BalasHapus


ShoutMix chat widget