Minggu, 25 Desember 2011

CONTOH METODE PEMBELAJARAN ASSURE


PENGEMBANGAN METODE ASSURE PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK NEGERI 2 MAKASSAR
P          = Pantau peserta didik
R         = rumusan Tujuan
O         = Olah Materi ajar
G         = Gunakan Metod, Media, SB
R         = Renungkan Sejenak
A         = Atur Kegiatan Pembelajaran
M        = Menilai hasil belajar
Berdasarkan pantauan sehari- hari kelas 2 Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 2 Makassar, kami mengetahui atas informasi mereka bahwa rata-rata memiliki kebiasaan menggunakan komputer dalam berinteraksi dengan berbagai teman di dunia maya yang biasa disebut dengan facebook. Dari kebiasaan menggunakan komputer tersebut maka dapat disimpulkan bahwa mereka rata-rata mampu mengoperasikan komputer secara mandiri walaupun hanya digunakan dalam bermain.
Selain dari hobi diatas, siswa memiliki cita-cita yang bervariasi yaitu ada yang menginginkan menjadi pengusaha computer dan ada yang menginginkan untuk menjadi tenaga pendidik, baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. Siswa yang duduk di kelas 2  yang saat ini masih memiliki umur rata-rata 18 tahun.
 Pokok Bahasan          : Perbaikan dan Setting Ulang Koneksi Jaringan
Standar Kompetensi  : Melakukan perbaikan atau setting ulang koneksi jaringan
Kompetensi Dasar     : Mempersiapkan perbaikan dan konektifitas jaringan PC
Dari standar komptensi diatas “Melakukan Perbaikan dan/atau Setting Ulang Koneksi Jaringan“ merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai panduan praktikum peserta diklat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk membentuk salah satu bagian dari kompetensi bidang keahlian Teknik Komputer dan Informatika pada Program Keahlian Komputer dan Jaringan.
Modul ini menguraikan tentang cara melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan. Pembahasan akan dimulai dari mempersiapkan perbaikan konektivitas jaringan pada komputer yang bermasalah yang dilanjutkan dengan bagaimana cara memperbaiki konektifitas jaringan pada komputer yang bermasalah dan ditutup dengan melakukan pemeriksaan, pengujian dan pembuatan laporan dari hasil pekerjaan yang telah dilakukan. Kompetensi ini sangat dibutuhkan bagi tenaga ahli di bidang jaringan komputer karena dalam kenyataannya mereka akan selalu dihadapkan permasalahan ini.
Modul ini terkait dengan modul lain yang membahas tentang mengoperasikan komputer dan modul mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan.
TUJUAN                    :
1.  Peserta diklat mampu menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan konektifitas jaringan PC
2.     Peserta diklat mampu memilih peralatan bantu pemeriksaan yang tepat.
3.  Peserta diklat mampu menjelaskan penyebab koneksi jaringan ke PC kadang terjadi kegagalan.
MATERI AJAR         :
1. Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan kenektifitas jaringan berdasarkan hasil diagnosa,
2.     Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan konektifitas jaringan,
3.     Memilih peralatan bantu pemerikasaan yang tepat,
4.     Mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan konektifitas jaringan.
ISTILAH DALAM JARINGAN
Topologi                : Cara menghubungkan komputer dalam jaringan
LAN Card          :  Sebuah periperal komputer yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.
Konektor               :  Suatu peripheral yang digunakan untuk menghubung-kan satu node ke node lain melalui kabel.
UTP                  :  UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan sepasang kabel yang dililit satu sama lain dengan tujuan mengurangi interferensi listrik yang terdapat dari dua, empat atau lebih pasang (umumnya yang dipakai dalam jaringan adalah 4 pasang/8 kabel) dengan metode pengawatan
IP Address        :  Alamat Internet Protocol merupakan nama sebuah komputer yang terhubung dalam jaringan dalam bentuk aturan tertentu.
Sharing                :   penggunaan bersama sumber daya (peripheral dan data) yang terdapat dalam komputer dalam jaringan.
METODE PEMBELAJARAN :
§  Ceramah (pemberian informasi dan intruksi)
§  Melihat video pembelajaran tentang jaringan LAN
§  Praktik perbaikan konektifitas jaringan
RENUNGAN       :
            Setelah merenungkan diatas, kami mengalami kekurangan 1 tujuan, maka dari itu ditambahkan tujuan yang ketiga yaitu peserta didik mampu menjelaskan penyebab koneksi jaringan terkadang gagal atau tidak berhasil.
LANGKAH PEMBELAJARAN :
Guru menjelaskan langkah-langkah persiapan perbaikan kenektifitas jaringan berdasarkan hasil diagnose, setelah itu guru menjalankan video tutorial sekaligus penjelasan tambahan dari guru dalam melakukan pengkoneksian jaringan ke kemputer, namun sebelumnya guru membagi kelompok menjadi 15 kelompok dari 30 siswa yang mana 5 wanita dan 25 pria, komputer yang tersedia dalam ruangan praktek adalah 30 unit.
Setelah guru selesai membagi kelompok, maka pembelajaran dimulai dengan pengantar secara umum, setelah pengantar dilakukan guru menjalankan video tutorial sambil melakukan praktek jaringan seperti yang dilakukan dalam video. Siswa secara lansung melakukan istalasi jaringan karena ada dasar yang telah dimiliki pada pembahasan sebelumnya untuk menghubungkan jaringan ke PC dilakukan oleh semua kelompok.
Waktu yang digunkan/ yang diperlukan dalam pembelajaran ini adalah 4 x 60 menit. Setelah siswa selesai melakukan koneksi jaringan seperti yang di inginkan maka selanjutnya membuat laporan hasil praktek masing-masing kelompok.
MENILAI HASIL BELAJAR:
Alat evalusi yang digunakan dalam menilai hasil belajar  adalah tes tertulis dan wawancara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget