Penilaian Otentik
1. Pengertian Penilaian Otentik
Sesuai dengan karakteristiknya penerapan kurikulum 2004 diiringi oleh sistem penilaian sebenarnya, yaitu penilaian berbasis kelas. Pendekatan penilaian itu disebut penilaian yang sebenarnya atau penilaian otentik (authentic assesment) (Nurhadi, 2004: 168).
Penilaian otentik adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran telah benar-benar dikuasai dan dicapai (Nurhadi, 2004: 172).
Hakikat penilaian pendidikan menurut konsep authentic assesment adalah proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembangan belajar siswa. Gambaran perkembangan belajar siswa perlu diketahui oleh guru agar bisa memastikan bahwa siswa mengalami proses pembelajaran dengan benar. Apabila data yang dikumpulkan guru mengindikasikan bahwa siswa mengalami kemacetan dalam belajar, guru segara bisa mengambil tindakan yang tepat. Karena gambaran tentang kemajuan belajar itu diperlukan di sepanjang proses pembelajaran, asesmen tidak hanya dilakukan di akhir periode (semester) pembelajaran seperti pada kegiatan evaluasi hasil belajar (seperti EBTA/Ebtanas/UAN), tetapi dilakukan bersama dan secara terintegrasi (tidak terpisahkan) dari kegiatan pembelajaran (Nurhadi, 2004: 168).
Data yang dikumpulkan melalui kegiatan penilaian (assesment) bukanlah untuk mencari informasi tentang belajar siswa. Pembelajaran yang benar seharusnya ditekankan pada upaya membantu siswa agar mampu mempelajari (learning how to learn), bukan ditekankan pada diperolehnya sebanyak mungkin informasi di akhir periode pembelajaran (Nurhadi, 2004: 168).
2. Karakteristik Penilaian Otentik
Beberapa karakteristik penilaian otentik adalah sebagai berikut:
a. penilaian merupakan bagian dari proses pembelajaran.
b. penilaian mencerminkan hasil proses belajar pada kehidupan nyata.
c. menggunakan bermacam-macam instrumen, pengukuran, dan metode yang sesuai dengan karakteristik dan esensi pengalaman belajar.
d. penilaian harus bersifat komprehensif dan holistik yang mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran.
(Santoso, 2004).
Sedangkan Nurhadi mengemukakan bahwa karakteristik authentic assesment adalah sebagai berikut:
a. melibatkan pengalaman nyata (involves real-world experience)
b. dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung
c. mencakup penilaian pribadi (self assesment) dan refleksi
d. yang diukur keterampilan dan performansi, bukan mengingat fakta
e. berkesinambungan
f. terintegrasi
g. dapat digunakan sebagai umpan balik
h. kriteria keberhasilan dan kegagalan diketahui siswa dengan jelas
(Nurhadi, 2004: 173).
3. Tujuan & Prinsip-prinsip Penilaian Otentik
Tujuan penilaian otentik itu sendiri adalah untuk: 1) menilai kemampuan individu melalui tugas tertentu, 2) menentukan kebutuhan pembelajaran, 3) membantu dan mendorong siswa, 4) membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik, 5) menentukan strategi pembelajaran, 6) akuntabilitas lembaga, dan 7) meningkatkan kualitas pendidikan (Santoso, 2004).
Sedangkan prinsip dari penilaian otentik adalah sebagai berikut:
a. Keeping track, yaitu harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan.
b. Checking up, yaitu harus mampu mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran.
c. Finding out, yaitu penilaian harus mampu mencari dan menemukan serta mendeteksi kesalahan-kesalahan yang menyebabkan terjadinya kelemahan dalam proses pembelajaran.
d. Summing up, yaitu penilaian harus mampu menyimpulkan apakah peserta didik telah mencapai kompetensi yang ditetapkan atau belum.
(Santoso, 2004).
4. Pelaksanaan Penilaian Otentik
Pada pelaksanaannya penilaian otentik ini dapat menggunakan berbagai jenis penilaian diantaranya adalah: 1) tes standar prestasi, 2) tes buatan guru, 3) catatan kegiatan, 4) catatan anekdot, 5) skala sikap, 6) catatan tindakan, 7) konsep pekerjaan, 8) tugas individu, 9) tugas kelompok atau kelas, 10) diskusi, 11) wawancara, 12) catatan pengamatan, 13) peta perilaku, 14) portofolio, 15) kuesioner, dan 16) pengukuran sosiometri (Santoso, 2004).
Hal-hal yang bisa digunakan sebagai dasar penilaian prestasi siswa menurut Nurhadi (2004: 174) adalah sebagai berikut:
a. proyek/kegiatan dan laporannya
b. hasil tes tulis (ulangan harian, semester, atau akhir jenjang pendidikan)
c. portofolio (kumpulan karya siswa selama satu semester atau satu tahun)
d. pekerjaan rumah
e. kuis
f. karya siswa
g. presentasi atau penampilan siswa
h. demonstrasi
i. laporan
j. jurnal
k. karya tulis
l. kelompok diskusi
m. wawancara
Tulisan yang bagus, sangat membantu bagi guru memahami penilaian autentik terlebih bagi sekolah yang sedang mengimplementasikan kurikulum 2013, izin share, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan guru di kab. Pringsewu Lampung. Thx.
BalasHapusTerima kasih,
BalasHapusTulsannya sangat bermanfaat
Terimakasih, tulisan Bapak telah membantu saya dalam memahami ilmu pendidikan, namun mengapa tidak dicantumkan daftar pustaka?
BalasHapusTerimaksh,,sangat bermanfaat,,,izin share
BalasHapusTerimakasih sangat bermanfaat.
BalasHapusKepada Yth.
BalasHapusCEO / PEMILIK PERUSAHAAN / HRD / SDM / KEPEGAWAIAN
Semangat Pagi !!!
Disini kami bisa membantu Perusahaan Instansi Bapak Ibu untuk
MEMETAKAN, MENGANALISA, MEMBEDAH, MENYINGKAP & MENGUNGKAP tabir Rahasia POTENSI dan KARAKTER dalam hal KOMPETENSI PEKERJAAN setiap karyawan dan pegawai secara DETAIL, CEPAT & AKURAT. Sehingga karyawan dapat bekerja sesuai dengan PASSION nya wal hasil akan maksimal dalam bekerja dibidangnya (on The Right Man On The Right Job).
Untuk selengkapnya silahkan hubungi kami di HP 0813 98 515657, 0858 90 333459, 0817 91 85625 atau buka di website kami www.gfast.id
Salam
Tim Gfast Indonesia
tulisannya cukup berbobot, tidak bertele-tele dan mudah untuk dipahami
BalasHapussangat bermanfaat. ijin share.
BalasHapusterimakasih, izin mengopas ya.
BalasHapushttps://bayanlarsitesi.com/
BalasHapusEskişehir
Erzincan
Ardahan
Erzurum
1AFL
whatsapp görüntülü show
BalasHapusücretli.show
İBCW
45FA5
BalasHapusBursa Lojistik
İstanbul Lojistik
Konya Parça Eşya Taşıma
Yozgat Evden Eve Nakliyat
Erzincan Evden Eve Nakliyat
FC475
BalasHapusKırşehir Lojistik
Siirt Parça Eşya Taşıma
Gümüşhane Parça Eşya Taşıma
Yalova Evden Eve Nakliyat
Samsun Parça Eşya Taşıma
54CA1
BalasHapusBartın Evden Eve Nakliyat
Manisa Evden Eve Nakliyat
Afyon Evden Eve Nakliyat
Sakarya Evden Eve Nakliyat
Edirne Evden Eve Nakliyat
3910A
BalasHapusAydın Şehirler Arası Nakliyat
Erzurum Şehirler Arası Nakliyat
Malatya Lojistik
Manisa Lojistik
Hakkari Şehirler Arası Nakliyat
Ünye Parke Ustası
Adana Evden Eve Nakliyat
Tokat Parça Eşya Taşıma
Edirne Lojistik
462F7
BalasHapusSinop Şehir İçi Nakliyat
Muş Şehirler Arası Nakliyat
Çerkezköy Korkuluk
Tekirdağ Evden Eve Nakliyat
Sincan Parke Ustası
Konya Şehirler Arası Nakliyat
Rize Şehir İçi Nakliyat
Siirt Şehir İçi Nakliyat
Kırşehir Şehirler Arası Nakliyat
12FB1
BalasHapusÜnye Çatı Ustası
Çerkezköy Koltuk Kaplama
Aksaray Şehirler Arası Nakliyat
Bybit Güvenilir mi
İzmir Şehir İçi Nakliyat
Düzce Şehir İçi Nakliyat
Tokat Evden Eve Nakliyat
Adana Lojistik
Kocaeli Parça Eşya Taşıma
A6EB9
BalasHapusPi Network Coin Hangi Borsada
Isparta Evden Eve Nakliyat
Ünye Boya Ustası
Ağrı Evden Eve Nakliyat
Osmaniye Şehirler Arası Nakliyat
Rize Lojistik
Nevşehir Şehirler Arası Nakliyat
Kırklareli Şehirler Arası Nakliyat
Antalya Parça Eşya Taşıma
DDD2F
BalasHapussteroid satın al
Tilki SEO
hacklink
backlink
steroid satın al
seo danışmanlığı
seokoloji
backlink fiyatları
arama motoru optimizasyonu
CF499
BalasHapuselazığ sohbet muhabbet
aydın en iyi sesli sohbet uygulamaları
rize ücretsiz görüntülü sohbet uygulamaları
balıkesir kızlarla canlı sohbet
antalya canlı sohbet siteleri ücretsiz
muş canli sohbet chat
mardin sohbet chat
manisa canlı sohbet odası
görüntülü sohbet canlı
4847E
BalasHapusbingöl canlı görüntülü sohbet odaları
tokat canli goruntulu sohbet siteleri
çankırı ücretsiz sohbet
canlı ücretsiz sohbet
kütahya görüntülü sohbet siteleri
Erzurum Bedava Sohbet Odaları
kırklareli bedava sohbet chat odaları
Rize Rastgele Sohbet Siteleri
Aydın Bedava Sohbet Odaları
24623
BalasHapusMith Coin Hangi Borsada
Btcturk Borsası Güvenilir mi
Telegram Abone Satın Al
Binance Madencilik Nasıl Yapılır
Bitcoin Oynama
Chat Gpt Coin Hangi Borsada
Soundcloud Dinlenme Hilesi
Paribu Borsası Güvenilir mi
Binance Hangi Ülkenin
E46C8
BalasHapusdexscreener
yearn finance
spookyswap
layerzero
debank
uwulend finance
avalaunch
dao maker
bscpad