Selasa, 27 Desember 2011

Langkah- Langkah Membuat e-mail di Gmail


  1. Buka http://gmail.com sehingga tampil tampilan seperti di bawah ini












2. Kemudian Klik Sign Up for Gmail sehingga tampil form isian seperti di bawah ini ,
3. Setelah itu, isilah form tersebut secara lengkap sesuai dengan data yang di minta,
4. Setelah selesai mengisinya maka klik I accept create my account, 
5. Setelah itu maka akan tampil tampilan seperti di bawah ini  kemudian klik I’m ready – show me my account
6. Maka anda akan langsung masuk ke account e-mail anda !!! Seperti tampilan di bawah ini



selamat mencoba dan jagan lupa Nama ID dan Password. 

MEMBUKA E-MAIL di Yahoo.co.id

  1. buka situs di www.yahoo.co.id
  2. klik Mail (yang telah saya beri tanda panah)

3. ketikkan ID yang telah dibuat kalian misalnya : doni345
4. ketikkan sandi (password) misalnya : joko123
5. klik masuk
6. Klik kotak masuk jika ingin melihat daftar e-mail yang masuk
7. klik tulis jika ingin menulis e-mail
Semoga semua ini bermanfaat 


LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT E-MAIL di www.yahoo.co.id

  1. ketikkan alamatnya di bagian Address www.yahoo.co.id kemudian tekan enter
  2. Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini
  3. Klik Daftar (klik yang telah saya beri tanda panah)




    4. kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini, kemudian isikan identitasmu !
    5. Ketikkan nama depanmu, nama belakangmu
    6. Pilih jenis kelamin (laki-laki atau perempuan)
    7. ketikkan ID mu sebagai calon nama alamat e-mail
    8. ketikkan sandi (password) minimal 6 huruf misalnya : joko123
    9. ketikkan sandi (password) lagi minimal 6 huruf, dan sandinya harus sama persis dengan yang diatasnya sehingga menjadi sandinya di tulis lagi : joko123
    10. Pilih daftar pertanyaan, kemudian jawabannya
    11. Pilih tanggal, bulan,dan tahun berapa kamu lahir
    12. Isikan kode pos alamat rumahmu
    13. Pilih Negara
    14. Isikan alamat e-mail alternative, isikan sembarang saja misalnya joko@plasa.com
    15. ketikkan kode verifikasi pendaftaran sesuai dengan apa yang ditampilkan di bawahnya,baik huruf besar kecilnya harus sama persis. Untuk di gambar di bawah ini kode verifikasinya adalah 4KMzyH. Tiap-tiap e-mail mempunyai kode yang berbeda-beda.
    16. Klik Saya setuju
    17. Maka akan tampilan Pendaftaran Selesai
    18. Klik Lanjutkan ke Surat Yahoo!
    19. Klik Tidak,Terima kasih……….

    Minggu, 25 Desember 2011

    DICK & CARRY, ADDIE, ASSURE, DAN PROGRAM

     Persamaannya :
    Persamaan dari keempat model tersebut antara lain bahwa pada dasarnya ketiganya terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu: (a) pendefinisian,  (b) perancangan, (c) pengembangan dan (d) penyebaran. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar Sistem pembelajaran adalah keseluruhan komponen pembelajaran yang saling terkait  secara terpadu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.Komponen-komponen dalam sistem pembelajaran: peserta didik, guru, materi, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan sebagainya.

    Perbedaannya :
    Model Dick Dan Carey
    Keunggulan model Dick dan Carey ini terletak pada analisis tugas yang tersusun secara terperinci dan tujuan pembelajaran khusus secara hirarkis. Disamping itu adanya uji coba yang berulang kali menyebabkan hasil yang diperoleh sistem dapat diandalkan.
    Kelemahan model ini adalah  uji coba tidak diuraikan secara jelas kapan harus dilakukan dan kegiatan revisi baru dilaksanakan setelah diadakan tes formatif. Sedangkan pada tahap-tahap pengembangan tes hasil belajar, strategi pembelajaran maupun pada pengembangan dan penilaian bahan pembelajaran tidak nampak secara jelas ada tidaknya penilaian pakar (validasi).
    ADDIE
    Kelebihan dari  ADDIE  antara lain: (a) lebih tepat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bukan untuk mengembangkan sistem pembelajaran, (b) uraiannya tampak lebih lengkap dan sistematis, (c) dalam pengembangannya melibatkan penilaian ahli, sehingga sebelum dilakukan uji coba di lapangan perangkat pembelajaran telah dilakukan revisi berdasarkan penilaian, saran dan masukan para ahli. Oleh karena itu, output yang akan kita hasilkan adalah berupa karakteristik atau profile calon peserta belajar, identifikasi kesenjangan, identifikasi kebutuhan dan analisis tugas yang rinci didasarkan atas kebutuhan.
    ASSURE
    Model ASSURE merupakan suatu model yang merupakan sebuah formulasi untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) atau disebut juga model berorientasi kelas.

    CONTOH METODE PEMBELAJARAN ASSURE


    PENGEMBANGAN METODE ASSURE PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK NEGERI 2 MAKASSAR
    P          = Pantau peserta didik
    R         = rumusan Tujuan
    O         = Olah Materi ajar
    G         = Gunakan Metod, Media, SB
    R         = Renungkan Sejenak
    A         = Atur Kegiatan Pembelajaran
    M        = Menilai hasil belajar
    Berdasarkan pantauan sehari- hari kelas 2 Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 2 Makassar, kami mengetahui atas informasi mereka bahwa rata-rata memiliki kebiasaan menggunakan komputer dalam berinteraksi dengan berbagai teman di dunia maya yang biasa disebut dengan facebook. Dari kebiasaan menggunakan komputer tersebut maka dapat disimpulkan bahwa mereka rata-rata mampu mengoperasikan komputer secara mandiri walaupun hanya digunakan dalam bermain.

    Jumat, 23 Desember 2011

    VALIDITAS TEST


    1)      Pengertian validitas tes
    Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauhmana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya (Azwar, 1997:5). Suatu tes atau instrumen pengukur dapat dikatakan mempunyai validitas yang tinggi apabila alat tersebut dapat menjalankan fungsi ukurnya atau memberikan hasil ukur yang sesuai dengan maksud dilakukannya pengukuran tersebut. Suatu tes yang menghasilkan data yang tidak relevan dengan tujuan pengukuran dikatakan sebagai tes yang memiliki validitas rendah.
    Suatu tes di katakan valid jika tes itu benar-benar mengukur apa yang hendak di ukur. Misalnya bila hendak mengukur tinggi badan seseorang maka ukuran yang cocok atau memenuhi syarat adalah meter. Bila hendak mengukur berat badan satuan ukur yang cocok adalah satuan ukuran kilo.
    Dari uraian di atas, kiranya dapat diperoleh informasi yang cukup jelas tentang konsep validitas. Validitas berkenaan dengan kecermatan alat ukur untuk mengukur atribut subyek didik yang dikehendaki, artinya alat ukur yang valid adalah alat ukur yang dapat mengukur atribut yang hendak diukur dengan tepat dan cermat, sehingga hasil pengukurannya dapat menggambarkan atribut yang telah diukur.
        2) Teknik – teknik pengujian validitas tes hasil belajar


    Penganalisaan terhadap tes hasil belajar sebagai suatu totalitas dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, penganalisaan yang dilakukan dengan jalan berpikir secara rasional atau penganalisaan dengan menggunakan logika (logical analysis). Kedua, penganalisaan yang dilakukan dengan mendasarkan diri kepada kenyataan empiris, di mana penganalisaan dilaksanakan dengan menggunakan empirical analysis.
    a.       Pengujian Validitas Tes Secara Rasional
    Tes hasil belajar yang setelah dilakukan penganalisaan secara rasional ternyata memiliki daya ketepatan mengukur, disebut tes hasil belajar yang telah memiliki validitas logika (logical validity). Validitas rasional adalah validitas yang diperoleh atas dasar hasil pemikiran, validitas yang diperoleh dengan berpikir secara logis. 
    Validitas tes dapat dibedakan menjadi tiga macam berdasarkan tiga sudut pandang (dari arah isi yang diukur, dari arah rekaan teoritis atau disebut contruct atribut yang diukur, dan dari arah kriteria alat ukur), yaitu; 1). validitas isi (content validity), 2). validitas kontruksi (construct validity), dan 3). validitas berdasar kriteria (criterion-related validity).